“BALA” dan LABA Corona bagi Industri (bagian 1)

– Tekanan Psikologis dan Kerugian Ekonomi Masyarakat akibat Corona –

Dampak Covid-19: Sebagian industri lainnya dapat memperoleh Laba

NADINARASI.COM – VIRUS corona atau coronavirus disease yang mulai terdeteksi pada akhir 2019 (selanjutnya disebut Covid-19), di kota Wuhan (Provinsi Hubei), China, menjadi pandemi yang terus meluas cepat hingga ke seantero dunia. Pandemi Covid-19 yang menjangkit serempak dengan cepat di mana-mana, menyerang sejumlah besar orang yang meliputi daerah geografi yang luas, bahkan epicenter wabahnya di dunia telah bergeser dari China ke Amerika Serikat dan Eropa, dan telah melanda sekitar 209 negara dan teritorial/wilayah (per awal April 2020).  

Bacaan Lainnya

Corona Masuk Indonesia

Di Indonesia, Covid-19  yang kasusnya baru ditemukan pada bulan yang lalu (2 Maret 2020) itu, epicenter-nya berada di Jakarta, ditemukan di 32 provinsi (per awal April 2020). Dalam tempo satu bulan, daya tularnya relatif masif, telah ribuan orang positif terinfeksi, dan terus bereskalasi jumlahnya.

Kerugian yang ditimbulkan sangat besar pada hampir semua sisi kehidupan. Tak terkecuali dari sisi ekonomi, telah dan akan terus menimbulkan kesulitan pada berbagai jenis dan skala industri.

Kerugian immaterialnya pun tidak kalah besar, bahkan cukup luar biasa membebani masyarakat dunia dalam berbagai aspek. Meskipun tingkat kesembuhannya di dunia relatif besar, Covid-19 tetap menekan keras masyarakat dunia dalam berbagai bentuk.

Tekanan pada Masyarakat

Tekanan yang diderita masyarakat tidak hanya berupa perasaan shock, kecemasan atau tekanan psikologis, dan ketakutan berlebihan. Bentuk tekanan lainnya adalah berupa kepanikan yang menyergap, terutama karena faktor dari belum adanya anti-virus, atau obat yang khusus untuk menyembuhkan virus tersebut.

Ketakutan atau kepanikan berlebihan ini menjadi pukulan tambahan yang dapat melemahkan kondisi fisik masyarakat, sehingga juga dapat memberi andil yang mempermudah masyarakat terkena Covid-19 dan virus/penyakit lainnya.

Masyarakat dilanda kepanikan dan kekhawatiran berat

Bahkan seluruh masyarakat dunia seolah ditenggelamkan dalam kegalauan mendalam oleh Covid-19. Kegalauan makin mendalam terutama jika melihat data dan fakta-fakta yang menunjukkan begitu masifnya Covid-19 menyebar dan menjangkit pada jutaan manusia di dunia positif corona hanya dalam hitungan beberapa bulan.

Pos terkait